Ciri Ciri Penyakit Cacar Air Dan Penularannya

Ciri Ciri Penyakit Cacar Air Dan PenularanPenyakit kulit cacar air yang pada umumnya sering menyerang anak-anak, pada orang dewasa sangat jarang kita temui. supaya bisa ditangani sejak awal, mari mengenal ciri ciri penyakit cacar air dan penularannya yang akan kami bagikan pada kesempatan ini.

Nah berikut ciri ciri anak atau orang dewasa terkena cacar air pada kulit, apa saja itu?

  • munculnya bintik-bintik merah pada kulit dan akan menyebar ke seluruh tubuh.
  • Setelah beberapa hari bintik merah baru akan timbul dan lebih banyak serta timbulnya gelembung berisi air.
  • Setelah gelembung berisi air terbentuk biasanya masa inkubasinya sekitar 2 hingga 3 minggu.
  • Tubuh akan mengalami demam.
  • Rasa gatal membuat penderita akan menggaruk dan mengakibatkan parut.
  • Gejala lain yang ditimbulkan seperti nyeri di pergelangan sendi, sakit kepala, sakit perut, nafsu makan berkurang, rasa lelah da tidak nyaman.
  • Sebelum bintik merah timbul biasanya penderita cacar air akan mengalami batuk ringan serta hidung berair.

Penularan Cacar Air
Cara penyebarannya sendiri sangat mudah sekali, Kontak fisik dengan pencerita cacar air dapat meningkatkan resiko tertular. Karena secara umum, penyakit ini menular jika ada kontak langsung dengan penderita. Penyakit kulit ini sendiri dapat menular melalui bersin, batuk, pakaian pasien yang tercemar, serta sentuhan ke atas gelembung / lepuh yang pecah.

Perlu juga diwaspadai kontak virus yang berasal dari air ludah dari penderita cacar air. Selain itu, penularan cacar air juga bisa melalui udara, nafas penderita yang terhidup orang di dekatnya juga bisa membuat orang tertular.

Selain masuk ke tubuh manusia, virus akan memperbanyak diri dan menyebar ke jaringan setempat melalui aliran darah dan aliran getah bening. Virus memperbanyak diri kembali sehingga virus menyebar ke seluruh tubuh terutama bagian kulit dan selaput lendir.

Masa inkubasi virus yaitu, mulai masuknya virus ke dalam tubuh sehingga munculnya gejala awal penyakit cacar biasanya 2 sampai 3 minggu, hal ini bisa ditandai dengan badan yang terasa panas. Priode penularan biasanya 1-2 hari sebelum ruma pertama kali timbul sampai 6-7 hari setelah timbulnya ruam.

Solusinya?
Anda Bisa Membacanya klik Cara Mengobati Cacar Air

Cacar air atau bahasa Inggrisnya Chickenpox, dalam bahasa Latin dikenal dengan Varicella. Dan bila menyerang orang dewasa ternyata implikasinya menjadi lebih luas dibandingkan kejadian pada anak kecil.

Nah itulah informasi seputar ciri-ciri dan penularan cacar air yang harus kita ketahui bersama. dikarenakan sangat cepat menular, jadi ada baiknya jika kulit anda terindikasi terkena virus cacar air, harus segera diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *